Pemendek URL memakai subdomain

13/01/15 15:18

Saat ini ada beberapa penyedia layanan pemendek URL, sebut saja http://goo.gl, http://bit.ly, http://tinyurl.com dan lain-lain.

Idenya kita membuat layanan serupa yaitu pemendek url dengan aplikasi open source yang ada. Namun, selain pemendek url dengan cara link dibelakang domain, ada keinginan untuk membuat pemendek url tapi dengan cara subdomain. misal: ugm.id/lupa menjadi lupa.ugm.id dan seterusnya.

Untuk memodifikasi aplikasi pemendek url yang ada, sebenarnya tidak sulit. Tetapi daripada merubah atau memodifikasi aplikasi, saya mencoba trik sederhana. Yaitu memanfaatkan modul rewrite pada apache.

Jadi langkah-langkah secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan domain wildcard pada domain/subdomain yang akan kita pakai untuk pemendekan. Arahkan ke IP server aplikasi yang akan dibuat.
  2. Selanjutnya, konfigurasi web server untuk menerima virtual host wildcard. Dalam contoh ini memakai apache, cukup kita tambahkan ServerAlias *.domain pada konfigurasi virtualhost.
  3. Kemudian tambahkan fungsi rewrite, bisa pada konfigurasi apache atau pada htaccess. Kurang lebih seperti berikut:

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^(.+?)\.domain\.id$ [NC]
RewriteRule ^ http://domain.id/%1 [R=301,L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^.*$ /yourls-loader.php [L]
</IfModule>

Selesai, saatnya ujicoba fitur rewrite kita.

Selamat mencoba

dikirim oleh: M. Zudha Ghofur

Komentar

    

Tentangku

Istri dan anakkuHidup sejenak dari M. Zudha Ghofur, Ayah dari Abhan dan Suami dari Netti. Bekerja di PPTIK UGM. Berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi siapa saja

Kiriman Terakhir

Komentar Terbaru

Kategori

Sekitarku

Feed

XML