Kisah Hikmah Jumat: Menyesal

05/05/17 13:04

Pada jumatan kali ini khotib menceritakan kisah hikmah sebagai berikut:

Pada suatu waktu, setelah sholat berjamaah, para jamaah dikumpulkan di ruangan tertutup. Pada ruangan itu kemudian segala penerangan dimatikan sehingga keadaan gelap gulita, tidak ada yang bisa melihat sama sekali.

Kemudian mereka diperintahkan untuk mengambil sesuatu didepannya. Karena tidak tahu apa yang ada didepannya, mereka bimbang. Bagi yang paranoid atau takut, mereka tidak berani mengambil. Ada yang mengambil sedikit karena hati-hati dan juga ada yang mengambil dua genggam tangan.

Selanjutnya lampu dinyalakan, apa yang mereka ambil? ternyata yang mereka ambil adalah sesuatu yang berharga yaitu berlian. Yang tidak mengambil, mereka sangat menyesal, kenapa tadi tidak mengambil. Yang mengambil sedikit, mereka juga menyesal, kenapa tadi hanya mengambil sedikit. Kemudian apa yang terjadi pada yang mengambil dua genggam? ternyata mereka juga menyesal kenapa tidak mengambil lebih banyak lagi.

Begitulah kira-kira kehidupan di dunia ini. Pahala amalan-amalan kita nanti akan ditunjukkan di akhirat, yang tidak punya amalan kebaikan akan menyesal karena tidak melakukan amalan kebaikan ketika di dunia. Yang melakukan sedikit dan yang melakukan banyak amalan kebaikan pun juga akan menyesal, kenapa tidak melakukan lebih banyak lagi amalan kebaikan ketika di dunia.

Semoga kita bisa memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya untuk memperbesar amalan kebaikan sehingga kita tidak menyesal berlebihan karena amalan kita cukup.

dikirim oleh: M. Zudha Ghofur

Komentar

    

Tentangku

Istri dan anakkuHidup sejenak dari M. Zudha Ghofur, Ayah dari Abhan dan Suami dari Netti. Bekerja di PPTIK UGM. Berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi siapa saja

Kiriman Terakhir

Komentar Terbaru

Kategori

Sekitarku

Feed

XML