Bermain-main dengan asus eeepc

15/10/08 14:58

Secara sepintas, netbook ini adalah seperti mainan. Tetapi setelah mengetahui kelebihannya, saya sangat suka sekali dengan netbook ini.

Pertimbangan pertama saya memilih asus eee pc ini adalah kecil dan ringan, karena tujuannya memang untuk mobile. Saya memilih seri asus 701C, dengan 4 Giga kapasitas penyimpanan, ram 512 M, dilengkapi dengan webcam, wifi, dan lan. Spesifikasi ini telah mencukupi kebutuhan operasional sehar-hari pekerjaan. Dengan webcam, saya dapat menginstall Ekiga untuk keperluan video confrence, dan dengan WIFI saya dapat akses internet dimana saja.

Setelah mendapatkan netbook asus ini, saya langsung oprek sesuai kebutuhan pekerjaan.

  1. Pertama saya install emulasi window/wine
  2. Kemudian, dengan wine, saya install aplikasi comwin (Aplikasi yang dipakai untuk maintenance PABX Siemen)
  3. Untuk keperluan berinternet dari rumah, saya install aplikasi wvdial dan pppd. Kemudian saya langsung coba konfigurasi untuk koneksi dengan cdma (kabel ca-42) maupun gsm (kabel ca-53), dan berjalan dengan sukses.
  4. Konfigurasi tunnel untuk remote akses ke PABX siemen dan alcatel, dan lain-lain.
  5. Install Ekiga, dan berhasil untuk mengaktifkan webcamnya.

Aplikasi fundamental cukup. Selanjutnya saya coba mengupdate s/w eee pc maupun bios. Proses update ini kemudian menimbulkan masalah.

Ketika saya mencoba update, terdapat paket broken (rusak) yaitu perl, dan saya mencoba reinstall aplikasi ini. Dan tanpa sengaja ternyata reinstall aplikasi perl ini membuang banyak sekali paket (karena perl dibutuhkan oleh banyak aplikasi). Setelah saya sadar, saya langsung membatalkan. Tetapi sudah terlambat, komputer seperti hang dan tidak mau saya restart. Terpaksa saya shutdown paksa dan mencoba menghidupkan kembali. Apa yang terjadi?

Kernel panic…..
Walah, sempat bingung juga. Mencoba google tidak menemukan cara yang cepat untuk recovery selain ke restore default factory. Karena belum banyak data yang ada, akhirnya saya memilih opsi ini. Caranya:

  • Hidupkan netbook
  • Tekan F9 langsung begitu netbook nyala
  • Kemudian akan muncul 3 pilihan, silahkan pilih opsi ke 3, Restore default factory.
  • Ketik yes untuk melanjutkan dengan catatan data akan hilang semua.
  • Selesai
    Ternyata, proses recovery sangat cepat, kurang dari semenit. Akhirnya Asus eee pc dapat saya pakai lagi. Selanjutnya saya agak lebih hati-hati lagi untuk melakukan instalasi dan update.

Sebelum mengisi dengan aplikasi yang lebih banyak, saya memutuskan untuk update BIOS. Update bios saya lakukan dari menu add/remove aplikasi bawaan asus, dan berjalan sangat cepat. Kemudian minta restart. Setelah restart, apa yang terjadi?

error: bios too old
Walah kedua, saya tunggu agak lama karena disitu muncul tulisan Read: 701p.ROM,
setelah ditunggu tidak ada perubahan, saya coba restart paksa. Dan ternyata bios yang lama masih aman. Lega rasanya…

Cukup sekian, tunggu hasil main-main lain selanjutnya.

dikirim oleh: M. Zudha Ghofur

Artikel Terkait

Tukeran ilmu lewat email dengan teknisi Siemen mengenai voip
Upgrade Software VSX 5000, 6000S, 7000S
Antrian Bank tetapi tidak antri

Komentar

    

Tentangku

Istri dan anakkuHidup sejenak dari M. Zudha Ghofur, Ayah dari Abhan dan Suami dari Netti. Bekerja di PPTIK UGM. Berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi siapa saja

Kiriman Terakhir

Komentar Terbaru

Kategori

Sekitarku

Feed

XML