Hikmah dibalik semua itu

05/03/08 10:34

Kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT pastilah pernah mengalami cobaan atau ujian. Ada ujian dengan kesenangan dan ada juga ujian dengan kesenangan.
Pernahkah terpikir oleh kita, bahwa segala macam ujian itu pasti ada hikmahnya. Hanya orang-orang yang beruntung yang dapat mengambil hikmah dari ujian Allah.

Seperti halnya kita mengikuti ujian sekolah atau kuliah, kadangkala kita merasa soal ujian itu terlalu sulit atau terlalu mudah untuk dijawab. Bagi orang yang melakukan persiapan tentunya mengerjakan soal ujian akan terasa mudah, begitu sebaliknya, akan terasa sulit jika tanpa persiapan.
Tapi inti sebenarnya adalah bukan nilai dari ujian itu, tetapi bagaimana memaknai ujian tersebut. Maksudnya adalah setelah ujian itu kita dapat merasakan apakah soal itu sulit atau tidak dan apa tindakan selanjutnya.

Sama halnya ujian dalam kehidupan ini, jika kita merasa ujian tersebut berat berarti kita harus instropeksi diri. Apakah kita kurang sabar, atau kita yang kurang bersyukur?
Banyak contoh hikmah yang dapat kita ambil dari ujian Allah, antara lain:

  • Jika kita merasa cukup, kita harus bisa berbagi
  • Jika kita teraniaya, kita harus bisa bersabar
  • Jika rejeki lambat, kita harus berusaha
  • dsb
    Semoga kita bisa mengambil hikmah dari semua itu.

Apakah ujian terberat yang pernah anda alami?

dikirim oleh: M. Zudha Ghofur

Artikel Terkait

Tipe permainan (game) apakah yang Anda suka?
Masalah Squirrelmail dengan Attachment besar (lebih dari satu mega)
Perlukah pegawai TI digaji tinggi?

Komentar

    

Tentangku

Istri dan anakkuHidup sejenak dari M. Zudha Ghofur, Ayah dari Abhan dan Suami dari Netti. Bekerja di PPTIK UGM. Berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi siapa saja

Kiriman Terakhir

Komentar Terbaru

Kategori

Sekitarku

Feed

XML