Panduan Asterisk 2 Billing

07/10/08 14:30

Setelah kita pelajari tentang Asterisk, agar dapat memantau penggunaan percakapan telepon, kita perlu memasang Asterisk 2 Billing. Yaitu salah satu aplikasi opensource pihak ketiga yang dapat kita pasang sebagai pelengkap server Asterisk kita.

Berikut panduan Asterisk 2 Billing yang saya kompilasi dari web Asterisk 2 Billing


Bagan di atas menggambarkan interaksi antar entitas.

  • Panggilan dimulai pada PBX Asterisk
  • Autentikasi dilakukan melalui beberapa cara: Nomor Kartu, ID Pemanggil, SIP/IAX Friend dengan kode akun
  • Kartu-kartu memiliki properti yang berbeda, tetapi yang utama adalah kelompok tarif yang terhubung kepadanya. Kelompok tarif/TariffGroup akan menentukan bagaimana billing akan diproses.
  • TariffGroup dapat memiliki 1 atau lebih ratecards/nilaikartu. Ratecard berisi semua informasi tentang satu atau lebih tujuan(dan biaya ke tujuan tersebut) yang juga menyediakan penghentian perhitungan.
  • Aturan utama untuk TariffGroup adalah bagaimana memutuskan tarif mana yang digunakan jika terdapat beberapa tarif ke sebuah tujuan (perlu ratecards terpisah). LCR/LCD properti dapat di tentukan dan kemudian mesin tarif akan dapat menentukan tujuan akhir yang mana yang paling sesuai.

Membuat pengguna/kartu

Kartu adalah unsur utama dari software Calling Card, dan berisi semua informasi tentang pengguna(nama, email, phone, ..). Cukup buat kartu untuk pengguna.

Properti kartu

Mari mencoba untuk membuat daftar dari properti kartu.

  • cardnumber : ini adalah nomor pin dari kartu
  • cardalias : Ini adalah sebuah alias dari kartu, biasanya berisi nomor dan digunakan setiap pengguna sebagai username ke web interface pelanggan. Juga dapat digunakan untuk memanggil sip/iax friend. (Sama dengan nomor akun)
  • webui pass : password dari pengguna untuk terhubung ke web UI pelanggan.
  • credit : jumlah uang yang ada pad akartu ini. Dapat negatif untuk PostPay.
  • language : bahasa pemegang kartu
  • tariffgroup : TariffGroup yang diterapkan pada kartu ini
  • activated : aktif atau tidak kartu ini
  • simultaneous access : Apakah dapat digunakan lebih dari satu panggilan pada waktu yang sama dengan kartu ini
  • currency: mata uang
  • runservice : tentukan jika service diterapkan pada kartu ini
  • card type : Tipe kartu (Prepaid or Postpaid)
  • credit limit : Untuk membatasi postpaid.
  • first use date : Tanggal mulai bisa digunakan kartu ini
  • enable expire : Menentukan batas waktu dari kartu (tanggal, jumlah hari setelah digunakan, jumlah hari setelah dibuat kartu).
  • expiration date: Tanggal batas waktu, digunakan jika “enable expire” diset “date expire”
  • expiration days : Jumlah harijika “enable expire” diset ke “amount of days since first use” atau “amount of days since creation”
  • Berikut adalah informasi tentang pemegang kartu : last name, first name, email, adresse, city, state/province, country, zip/postal code, phonenumber, faxnumber
  • inuse : Ketika pemanggil menggunakan kartu,system mengatur sebuah tanda tambahan untuk mengetahui bahwa kartu sedang digunakan. Jika sistem berhenti secara tidak normal, dapat menyebabkan pengguna tidak dapat menggunakan kartunya. Untuk itu rubah flag ke 0.
  • callerid : Opsi ini untuk menentukan ID pemanggil disertakan untuk kartu ini, beberapa callerId dapat dibuat.

CallerID Authentication

Autentikasi Caller ID sudah dikenal dalam bisnis callingcard. Autentikasi ini memungkinkan pihak ketiga menggunakan layanan tanpa harus terautentikasi setiap waktu.

Integrasi kebanyakan mengikuti skema berikut:

  • Hubungkan satu atau lebih callerID pada kartu
  • Aktifkan callerId authentication pada aplikasi AGI. ubah a2billing.conf, “cid_enable=YES”
  • jika callerID tidak dikenali oleh sistem, kita masih dapat memproses autentikasi nomor tetapi kita perlu mengatur opsi yang sesuai : “cid_askpincode_ifnot_callerid=YES” (lihat a2billing.conf)

kita juga dapat membuat kartu setiap caller ID baru ditemukan. jika anda ingin mengaktifkannya, dapat dilihar opsi pada a2billing.conf : cid_auto_create_card ; cid_auto_create_card_typepaid ; cid_auto_create_card_credit ; cid_auto_create_card_credit_limit ; cid_auto_create_card_tariffgroup

Mesin Billing

Pendahuluan

Trunk dan Provider

Isian paling dasar adalah trunk. Jika kita telah terbiasa dengan Asterisk, ini adalah string yang kita berikan pada aplikasi Dial. Dapat berupa IAX2, SIP, ZAP, atau lainnya, tergantung pada format aplikasi dial dalam Asterisk.

Untuk memudahkan, sebuah trunk dapat diasosiasikan dengan sebuah provider.

username=123456 ;Username untuk autentikasi ke SIP provider SIP provider
type=peer
secret=111111 ;Password untuk autentikasi ke SIP Provider
host=sip.provider.com ;IP/FQDN dari SIP provider
fromuser=123456 ; username kita
fromdomain=sip.provider.com ;Provider’s domain
authuser=123456 ;username kita

Rate

Seperti yang kita lihat pada diagram di atas, rate adalah entitas dasar berikutnya dalam mesin billing. Utamanya, setiap trunk terdapat rate yang ditetapkan. Anda dapat juga memberikan harga pembelian, misal. : “Biaya pembelian yang harus dibayarkan ke voip provider” Kemudian kita memiliki harga jual, yang akan kita tagihkan ke pengguna. Progressive rate bertujuan untuk menagih pelanggan dengan harga yang berbeda tergantung lama pemanggilan. Sebagai contohm, anda dapat memberikan tagihan ke pengguna 1000 rupiah untuk 2 menit pertama dan kemudian 2000 rupiah untuk menit berikutnya.

Anda dapat juga memberikan ratecard dan nomor awal.

Ratecard

Sebuah ratecard adalah sekumpulan dari harga (rate) (rates ditentukan dari nomor awal panggilan, contoh 62; Indonesia). Untuk setiap ratecard anda dapat membuat sebanyak mungkin rate yang anda inginkan. Sebuah ratecard dapat memiliki “starting date” dan “expiration date”, Anda dapat juga membuat sebuah trunk secara default dan jika tidak ada trunk, ratecard default trunk akan digunakan.

TariffGroup

Tariffgroup adalah kumpulan dari ratecards yang dijadikan satu. Sistem calling card akan memilih harga yang sesuai berdasarkan setting Tariffgroup (LCR or LCD).

LCR : Least Cost Routing – mencari terminasi terbaik yang termurah untuk anda(buying rate)

LCD : Least Cost Dialing – mencari terminasi terbaik dengan biaya termurah untuk pengguna (selling rate)

Urutan Proses Standard:

  1. Buat Kartu
  2. Buat sebuah SIP/IAX Friend
  3. adaptasi konfigurasi SIP/IAX terhadap pengguna
  4. Reload Asterisk
  5. Menyediakan informasi ke pengguna
  6. Buat pengisian kartu atau pemberitahuan pembayaran
  7. Alat bantu Laporan
  8. Laporan Cdr
  9. Perbandingan panggilan
  10. Traffik bulanan
  11. Load harian
  12. Invoice
  13. Ubah/ tambah administrator (& tentukan ACL)

dikirim oleh: M. Zudha Ghofur

Artikel Terkait

Upgrade Siemen Optipoint 400 Std ke SIP:
Tutorial Asterisk II
Membuat Ring Back Tone lebih menarik dengan Asterisk

Komentar

  1. pak saya mau tany agimana yah kalo kit apengen negbatasi waktu pembicaraan?
    apakah bisa pak?
    misalkn saya ada extn
    exten=>_98.,1,Dial(SIP/${EXTEN:2}@110,10,t)
    lalau untuk menentukan batasan waktu panggilan gimana caranya pak?


    Bisa saja, silahkan dilihat parameter lengkap dari aplikasi Dial. Bisa pake L, L(x[:y][:z]) - Limit the call to 'x' ms. Play a warning when 'y' ms are left. Repeat the warning every 'z' ms. atau pake S, S(x) - Hang up the call after 'x' seconds *after* the called party has answered the call

    — ronald · 01/12/08 22:30 · #

  2. mas..sy sudah install a2billing, dan berhasil…yang saya bingung bagaimana menggunakannya,.,minta tutorial panduan lengkapnya ya!!

    thanks be 4


    Pada panduan ini memang gambaran umum. SIlahkan mas/bapak coba-coba dulu aplikasinya. kalau ada yang bingung silahkan ditanyakan disini. Yang terpenting adalah menentukan dulu tujuan dari billing itu sendiri.

    tantowie · 15/03/09 01:46 · #

  3. Pak saya ingin bertanya,
    saya menggunakan softphone X-Lite.. tetapi mengapa hasil recordingnya tidak bisa saya search di A2billing ya? (tidak ketemu filenya)
    Terima kasih


    Coba cek di servernya dahulu, apakah file nya ada? jika tidak ada, cek kemungkinan hak akses directory atau filenya.

    — S_saputra · 15/04/09 18:01 · #

  4. pak, saya mau tanya lagi neh, dah sekian lama ga tanya bapak
    hehehe
    kalau saya mau bikin billing server untuk mengetahui periode percakapan, yah kayak billing tagihan gt, bisa kan pake A2 billing? a2 billing itu diinstal di pihak ke3 kan?
    harus ada asterisk lagi diserver billing tersebut?
    bisa kasih panduan nya pak?
    terima kasih banyak


    Bisa kok pakai A2 Billing, dan A2 Billing bisa di pasang di server terpisah dengan asterisk ataupun gabung. selemat mencoba

    — ronald · 18/11/09 09:52 · #

  5. dan kalau saya ingin pakai server terpisah apakah diserver itu harus diinstal asterisk terlebih dahulu atau hanya pakai linux trus diinstal A2billing?
    bisa minta penjelasan ga pak mengenai bagaimana cara membuat server billing untuk
    membuat proses standart seperti Reload Asterisk
    Menyediakan informasi ke pengguna
    Buat pengisian kartu atau pemberitahuan pembayaran
    Alat bantu Laporan
    Laporan Cdr
    Perbandingan panggilan
    Traffik bulanan
    Load harian
    Invoice
    Ubah/ tambah administrator (& tentukan ACL)
    saya cari2 informasi masih blum dapet jg
    mohon pencerahannya pak
    terima kasih


    Tidak perlu install asterisk. Mengenai penjelasan itu terlalu banyak untuk disini, bapak/mas bisa coba sendiri.

    — ronald · 18/11/09 10:45 · #

  6. huaah..bisa kasih link untuk tutorial ga pak?
    soalnya saya lagi butuh jg pak,
    terima kasih yah pak
    oh iya satu pertanyaan lagi
    tentang recording
    kalau defaultnya kan recording itu menjadi 2 file in dan out
    kalau pakai sox bisa jadi 1 file recording
    apakah dari sox itu perlu dikonfigurasi atau tidak yah?
    dan kemudian untuk a2 billing apakah bisa juga mengamnbil recording yang ada diasterisk?
    terima kasih

    Recording bisa disesuaikan settingnya, apakah menjadi 2 file atau satu. A2Billing bisa juga mengambil dari asterisk.

    — ronald · 18/11/09 11:15 · #

  7. saya lagi buat sebuah aplikasi menggunakan asp.net. dimana saya aplikasi untuk mengakomodasi sistem voucher di asterix. Apakah ada bimbinang untuk hal ini


    pada dasarnya pakai bahasa pemrograman apa saja tdk masalah. Asal tau cara kerjanya

    yusuf · 27/09/11 22:06 · #

  8. pak, saya mau tanya bagaimana cara membuat billing server serta aplikasi billing tersebut tersebut???
    langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan
    maaf, saya masih pemula


    Saya tidak membuat tutorial yang rinci disini. Anda bisa mencoba dulu aplikasinya dengan d/l dulu dan baca cara instalasinya. Setelah itu bisa dicoba2 dulu

    — ulfa · 18/06/12 11:49 · #

  9. mohon bantuannya pak,
    bole minta tutorial pembuatan billingnya pak???


    Tutorial dengan bahasa inggris sudah ada. Saya belum membuat tutorial yang lengkap

    — ulfa · 18/06/12 11:59 · #

    

Tentangku

Istri dan anakkuHidup sejenak dari M. Zudha Ghofur, Ayah dari Abhan dan Suami dari Netti. Bekerja di PPTIK UGM. Berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi siapa saja

Kiriman Terakhir

Komentar Terbaru

Kategori

Sekitarku

Feed

XML