Memanfaatkan Paging dan Intercom IPPhone Linksys menggunakan Asterisk

08/08/08 10:13

IPPhone linksys versi SPA921 ke atas (SPA922, SPA941,SPA942, dll) sudah mendukung Paging dan Intercom. Bagi yang belum memahami apa itu paging dan intercom, sedikit gambaran, Paging dalam telepon adalah panggilan satu arah ke satu atau lebih telepon dan penerima tidak perlu mengangkat telepon. Sedangkan intercom adalah panggilan dua arah dengan penerima tidak perlu mengangkat telepon.

Paging seringkali digunakan untuk memberikan pengumuman ke beberapa orang/telepon. Sedang intercom sering dipakai untuk panggilan seperlunya.

Kembali ke bahasan semula, seperti yang telah disebutkan di atas. IPPhone linksys sudah support untuk paging atau intercom dengan kode bawaan *96. Dengan menekan *96 diikuti nomor telepon, contoh: *9682115, nomor 82115 otomatis akan berbunyi, dan kita langsung bisa berbicara. Atau dengan menekan *96 kemudian akan keluar pesan untuk memasukkan nomor yang akan di page.

Jika setting sip.conf kita memperbolehkan canreinvite (canreinvite=yes) dan tidak memakai nat (nat=no), maka IPPhone tersebut akan dapat berfungsi seperti yang diharapkan. Tetapi jika sebaliknya, nomor telepon yang akan kita page pasti akan ringing (tidak langsung menjawab). Untuk itu, ada sedikit trik agar telepon tersebut dapat langsung menjawab ketika memanfaatkan kode bawaan dari linksys.

tambahkan baris berikut dalam extension anda:

exten => s,1,SIPGetHeader(Call-Info=Call-Info)
exten => s,2,SIPAddHeader(Call-Info:${Call-Info})

Kalau anda menggunakan macro, tambahkan pada bagian atas macro anda.

Cukup sekian, silahkan mencoba.

dikirim oleh: M. Zudha Ghofur

Artikel Terkait

Membuat Ring Back Tone lebih menarik dengan Asterisk
Membuat Conference Call di Asterisk
Tutorial Asterisk VIII

Komentar

    

Tentangku

Istri dan anakkuHidup sejenak dari M. Zudha Ghofur, Ayah dari Abhan dan Suami dari Netti. Bekerja di PPTIK UGM. Berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi siapa saja

Kiriman Terakhir

Komentar Terbaru

Kategori

Sekitarku

Feed

XML